Belajar Fisika Agar Terlihat Mudah Itu Gampang

SMAN 16 Surabaya memiliki keunikan untuk belajar fisika dengan mudah, dimana siswa kelas XI MIA 4 yang sedang melakukan uji praktek terhadap suatu benda dengan menggunakan rocket air. Merak sukses meraih juara dalam ajang water rocekt competition yang berkategori jangkauan dalam jarak jauh.

Kelas MIA 4 yang membuat rocket air mampu terbang tinggi dibandingkan peserta lainnya, bahkan 14 dari 12 rocket yang sudah dibuatnya karena lompatan jauh sehingga membuatnya hilang. Beberapa faktor yang dapat berpengaruh bagi si rocket melesat dengan jauh. Ricky Setyawan yang merupakan ketua kelas XI MIA 4 telah mengatakan untuk bisa terbang jauh bodi rocket harus seimbang.

Tips Membuat Rocket, Agar Meluncur Tinggi

rocket air
rocket yang meluncur dengan tinggi

Dan juga yang patut di perhatikan antara beban dengan sayap harus diperkirakan sesuai yang bertujuan benda tersebut mampu terbang dengan jauh tanpa sedikit oleng. “Untuk desain sayap jangan lebar dan tipis,” katanya.

Dengan itu, alat peluncur dapat memberikan tekanan dengan baik. Dan satu hal yang harus diperharikan adalah tidak adanya udara yang bocor di alat peluncur tersebut. Dengan adanya hal itu, tenaga yang akan di dapatkan oleh roket dapat berjalan dengan maksimal. Tekanan yang diterima olet rocket akan maksimal melesat ke udara dengan cara stabil dan terbang tinggi.

Rocket yang dirancang oleh Prasetio Pramudiyono membeberkan bahan yang digunakan ┬ádalam pembuatan rocket tersebut. Dimana dengan menggunakan sebuah botol minuman yang memiliko ukuran 1,5 liter. Lalu, menggunakan tutup reocket dengan seng yang bertujuan tidak membebani saat diberikan tekanan. “Jika bahannya berat, maka tidak akan bisa meluncur dengan tinggi. Namunm bahan yang dipakai enteng maka juga menimbulkan si rocket oleng,” jelasnya.

Guru Fisika SMAN 16 Surabya yang bernama Budi Haryanto telah mengatakan bahwa kegiatan ini memang sengaja di buat untuk memberikan minat siswa agar belajar fisika. Kebanyakan dari siswa merasa bosan jika hanya beljar tentang teori di ruang kelas. Maka dari itu, saya memberikan sebuah tugas agar sistem pembelajarannya bervariasi.

Untuk membuat sebuah rocket, ada beberapa yang harus dipelajari untuk mengetahui agar si rocket bisa meluncur dengan cepat, tambah Budi. Yang terdapat dalam materi fisika dalam pembuatan rocket adalah gerak parabola, hukum momentum, hukum Newton aksi reaksi serta tekanan fluida. Yang Pada sebelumnya, siswa diminta untuk membuat laporan yang akan dipelajari oleh sang guru. “Memang sempat sebelumnya diadakan sebuah kompetisi antar kelompok yang diadakan didalam kelas. Yang nantinya akan dilombakan antar kelas,” tegasnya.

Dengan memberikan sistem belajar seperti itu, Budi mengharapkan kepada siswanya termotivasi untuk belajar fisika. Tidak harus materi saja yang dipelajari, siswa sendiri harus mengetahui bagaiman cara kerja. Yang akan membuatnya menjadi teringat dengan ilmu tersebut. “Menurutnya fisika itu sesuatu yang menyenangkan,” tutupnya.

Tempat Belajar Fisika Menyenangkan di BSD

Sangat membosankan jika orang bertanya fisika susah atau bagaimana si belajar fisika dengan mudah. Sebuah pertanyaan yang biasa di ucapkan oleh beberapa peserta didik, saat saya sedang mengajar fisika. Kemungkinan ini sudah menjadi garis takdir saya untuk menjadi pembimbing fisika.

Untuk bisa mempelajari ilmu fisika dengan mudah itu sangatlah gampang, anda bisa mendaftarkan diri anda di tempat kursus fisika al-Khawarizmi yang berada di teras BSD, kota Tangerang Selatan. Yang memiliki peserta banyak yang telah mencoba untuk belajar bersama dan sangat menyenangkan.

Dengan beberapa program yang kami miliki disini, agar belajar fisika tidak sulit seperti apa yang siswa katakan.